Wisata Surakarta Solo dan nuansa kubudayaan

Wisata Surakarta Solo memang banyak didominasi oleh kawasan budaya. Ini tidak mengherankan, karena kawasan ini memang sangat kental akan budaya Jawanya. Salah satu tempat wisata yang sangat terkenal adalah Keraton Kasunanan Surakarta. Tempat ini bisa dikatakan sebagai lokasi wisata paling favorit untuk para wisatawan, baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Selain kemegahan bangunannya yang ada di kawasan Baluwarti, Pasarkliwon, kerajaan yang pernah berjaya pada zaman dahulu ini juga mempunyai koleksi-koleksi yang menarik untuk anda ketahui.

Mulai dari koleksi senjata, naskah-naskah, gamelannya maupun koleksi lainnya. Jika anda berminat untuk berkunjung ke kawasan ini, di tempat ini ada beberapa lokasi yang bisa anda datangi. Mulai dari Kompleks Alun-alun Lor atau Utara dan juga kompleks Alun-alun Kidul atau Selatan.

Untuk kawasan utara terdapat beberapa tempat yang bisa anda sambangi, seperti Kompleks Sasana Sumewa, Kompleks Siti Hinggil Lor atau Utara, Kompleks Kamandungan Lor atau Utara, Kompleks Sri Manganti, Kompleks Kedaton.

Kemudian untuk kompleks yang ada di kawasan Alun-alun Kidul ada Kompleks Kamagangan, Kompleks Siti Hinggil Kidul. Pembagian tempat-tempat ini sesuai dengan fungsinya masing-masing. Misalkan kompleks Sasana Sumewa. Dulunya bangunan ini adalah tempat untuk menghadap para punggawa atau pejabat menengah ke atas dalam setiap upacara resmi kerajaan. Bangunan ini merupakan bangunan utama terdepan di Keraton Surakarta.

Masih di kawasan Alun-alun Utara, ada tempat yang bernama Siti Hinggil Utara. Siti Hinggil bisa diartikan sebagai tanah yang lebih tinggi. Ini sesuai dengan lokasinya yakni bangunan ini memang berada di atas tanah yang lebih tinggi dibandingkan dengan kompleks lainnya.

Wisata Surakarta Solo lebih dalam

Lebih ke dalam lagi, anda akan melihat kompleks Kamandungan atau lebih dikenal dengan nama Kori Kamandungan. Saat masuk ke kawasan ini anda akan melewati sebuah pintu gerbang yang bernama Kori Brajanala atau juga dikenal dengan nama Kori Gapit. Ada juga kompleks yang bernama Sri Manganti. Di tempat ini anda akan melihat dua bangunan yang ada di sisi barat dan timur. Bangunan yang ada di barat bernama bangsal Smarakatha, sedangkan yang ada di sebelah timur bernama bangsal Marcukundha. Kemudian ada Kompleks Kedaton dan beberapa tempat menarik lainnya.

Wisata Surakarta Solo

Jadi, jika anda berkunjung ke tempat ini jangan lupa mengeksplor setiap lokasinya. Karena, setiap tempat di keraton ini sangat unik dan menarik untuk didatangi.

Tentang situs kami lainnya bisa lihat di jasa aqiqah solo, layanan aqiqah jogja, aqiqah semarang, perlengkapan haji dan seragam batik kantor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.