Pusat Kota Solo berada di Balaikota Jalan Sudirman

Pusat Kota Solo berada di Balaikota yang terletak di Jl. Jend. Sudirman, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57133, Telepon: (0271) 642032. Tempat ini merupakan pusat pemerintahan Kota Solo. Di sana pulalah terdapat sejumlah perkantoran dinas termasuk kantor dinas Walikota F.X. Hadi Rudyatmo dan Wakil Walikota Achmad Purnomo. Kompleks balaikota ini masih terlihat asri dan hijau. Di mana masih banyak pepohonan besar berdiri, sehingga bagi anda yang datang ke kompleks ini akan merasa nyaman dan teduh.

Beberapa kantor dinas yang ada di kompleks balaikota di antaranya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil), Dinas Kesehatan Kota (DKK), Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan masih banyak dinas-dinas lainnya. Kompleks balaikota ini juga sering digunakan untuk kegiatan-kegiatan pemerintahan. Yang paling rutin adalah apel yang diadakan setiap senin pagi. Tidak hanya itu, sejumlah kegiatan atau peringatan hari-hari tertentu juga sering diadakan di balaikota. Misalkan, peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia.

Pada perayaan hari kemerdekaan ini biasanya pemerintah Kota Solo mengadakan sejumlah kegiatan untuk memeriahkannya. Mulai dari perlombaan, marching band dan juga kegiatan lainnya. Di dalam kompleks balaikota ini terdapat sebuah ruang yang bernama Pendapi Gedhe. Bangunan khas bernuansa joglo ini sering digunakan untuk sejumlah pertemuan. Baik itu pertemuan kedinasan, sosialisasi, maupun acara resmi lainnya. Tidak hanya itu, tempat ini juga biasa digunakan untuk pemberangkatan haji para pegawai atau aparatur sipil negara (ASN) yang berangkat haji.

Akses ke Pusat Kota Solo

Jika anda ingin datang ke tempat yang pernah terbakar beberapa tahun silam ini. Lokasinya cukup mudah, anda bisa melewati Jalan Slamet Riyadi kemudian ambil ke arah utara. Sebelum sampai ke kantor Balaikota, anda akan melewati sejumlah tempat menarik dan layak untuk dikunjungi. Seperti, Benteng Vastenburg yang sekarang sudah banyak mengalami perubahan. Kemudian ada museum Bank Indonesia. Lokasi kantor Balaikota ini berada tepat di titik nol kilometer Kota Solo yakni Tugu Pemandengan. Tugu ini merupakan salah satu cagar budaya. Kantor Balaikota ini juga sangat dekat dengan salah satu pasar terbesar di Kota Solo yakni Pasar Gede.

Pusat Kota Solo

Tentang situs kami lainnya bisa lihat di layanan aqiqah solo, perlengkapan umroh dan seragam batik lengkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.