Kota Surakarta Jawa Tengah dan Pak Jokowi

Kota Surakarta Jawa Tengah merupakan wilayah yang berada di bawah otonom Provinsi Jawa Tengah. Luas wilayahnya mencapai 44,04 kilometer persegi dengan jumlah penduduk mencapai lebih dari 565 ribu jiwa. Kota yang saat ini dipimpin oleh F.X. Hadi Rudyatmo atau biasa disapa Rudy dan didampingi oleh Wakil Walikota Achmad Purnomo ini berbatasan dengan lima kabupaten yang dulunya menjadi satu sebagai Daerah Istimewa Surakarta atau DIS. Di antaranya yakni Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Klaten, Kabupaten, Boyolali, Kabupaten Sragen, dan Kabupaten Karanganyar.

Kota Surakarta juga dikenal dengan nama Kota Solo. Nama ini lebih populer dibandingkan nama Surakarta itu sendiri. Hal ini terlihat dari sebutan untuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang dikenal sebagai mantan Walikota Solo daripada mantan Walikota Surakarta. Padahal, untuk pemerintahan lebih mengarah pada nama Surakarta. Sementara untuk Solo lebih pada hal umum, seperti nama masyarkatnya maupun nama tempat-tempatnya.

Kota yang pernah dipimpin oleh Jokowi ini terdiri dari lima kecamatan. Di antaranya, Kecamatan Banjarsari, Kecamatan Jebres, Kecamatan Laweyan, Kecamatan Pasar Kliwon dan Kecamatan Serengan. Dan untuk setiap kecamatan membawahi 51 kelurahan yang ada. Saat ini kepadatan penduduk di Kota Surakarta cukup tinggi. Bahkan mencapai 12.000 jiwa untuk setiap kilometernya. Jumlah ini jauh lebih tinggi dibandingkan jumlah ideal kepadatan penduduk yang hanya 5.000 jiwa per meter persegi. Jumlah inilah yang menjadikan Kota Surakarta menjadi kota terpadat penduduknya di Jawa Tengah.

Kota Surakarta Jawa Tengah kota bengawan

Kota Surakarta ini juga dikenal sebagai Kota Bengawan. Sebutan ini tidak lepas dari keberadaan Sungai Bengawan Solo yang membentang di sisi timur kota ini. Selain itu, keberadaan sungai ini juga semakin populer ketika maestro keroncong almarhum Gesang menciptakan lagu berjudul Bengawan Solo. Lagu ini turut melambungkan nama Solo di kancah dunia. Ini terbukti dari banyaknya komposer maupun penyanyi dari mancanegara yang mengalihbahasakan lagu tersebut ke dalam bahasa mereka.

Kota Surakarta Jawa Tengah

Tentang situs kami lainnya bisa lihat di layanan aqiqah, tengkleng solo, perlengkapan umroh dan batik tulis ekslusif.

Jika anda ingin berkunjung ke kota ini, banyak destinasi wisata yang patut anda datangi. Seperti Keraton Kasunanan Surakarta, Kebun Binatang Taman Satwa Taru Jurug, Taman Balekambang dan sejumlah destinasi wisata menarik lainnya.

Batik bali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.