Pamanukan kecamatan di kabupaten subang

Pamanukan merupakan salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Subang, Jawa Barat. Di kecamatan ini terdapat sembilan desa. Diantaranya, Desa Bongas, Lengkongjaya, Mulyasari, Pamanukan, PamanukanHilir, Rancahilir, Rancasari, Mundusari dan juga PamanukanSebrang. Mengenai nama kota ini sendiri belum ada sejarah pasti mengenai pemilihan nama tersebut. Tetapi, ada yang mengatakan bahwa dulunya di Kecamatan ini terdapat banyak sekali sarang burung atau manuk. Selain itu, juga terdapat pasar burungnya.

Dari situlah banyak warga yang ingin datang ke pasar burung menyebutnya ke pasar manuk. Tetapi, karena penyebutan kata manuk yang dirasa kurang enak akhirnya penyebutan diganti menjadi Pa Manukan yang berarti Pasar Manuk dan akhirnya disebut dengan Pamanukan. Keterangan ini merupakan salah satu informasi mengenai asal mula munculnya nama Pamanukan. Tetapi, keterangan lain terkait asal mula nama Pamanukan ini belum ada.

Pamanukan

Tentang situs kami lainnya bisa lihat di layanan aqiqah, perlengkapan haji dan jual batik.

Lebih dekat dengan Pamanukan

Kecamatan ini pernah menjadi pusat pendidikan di Pantura Kabupaten Subang dan sekitarnya. Yakni kisaran tahun 1980 hingga tahun 1990. Tetapi seiring perkembangan waktu, sejumlah daerah mulai memiliki sekolah sendiri-sendiri. Mulai dari tingkat sekolah menengah pertama atau SMP hingga sekolah menengah atas atau SMA.

Kondisi ini membuat, pusat pendidikan yang ada di kecamatan ini mulai berangsur hilang. Karena, warga memilih bersekolah di daerahnya masing-masing. Sebagai kota kecil, tetapi Pamanukan memiliki aktifitas selama 24 jam. Perekonomian ini berjalan hampir tiada henti mulai dari pagi hari sampai pagi hari kembali.

Kota ini juga pernah mengalami bencana banjir yang cukup besar yakni di tahun 2014 lalu. Banjir yang menggenangi perkampungan warga hingga jalan-jalan bahkan mencapai ketinggian 2 meter. Akibat bencana ini perekonomian warga dan juga Jalan Pantura mengalami kelumpuhan selama beberapa hari. Jika anda ingin berkunjung ke kota ini, terdapat sejumlah tempat wisata yang bisa anda kunjungi. Beberapa tempat wisata tersebut berada di Kabupaten Subang, diantaranya wisata air panas Ciater, kawah Gunung Tangkuban Perahu, Penangkaran Buaya Blanakan, Capolaga Adventure Camp, wisata Batu Kapur, wisata Curug Cileat dan masih banyak tempat wisata lain yang tidak kalah menariknya.

Batik bali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.