Universitas Negeri di Surakarta ada empat pilihan

Universitas Negeri di Surakarta hanya ada empat yakni Universitas Sebelas Maret (UNS), Institut Seni Indonesia (ISI), Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kemenkes, dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN). Tetapi dari empat universitas negeri tersebut, hanya tiga saja yang benar-benar masuk dalam wilayah administrasi Kota Surakarta yakni UNS, ISI dan Poltekkes. Sementara IAIN sudah masuk dalam wilayah administrasi Kabupaten Sukoharjo. Tetapi, karena selama ini menggunakan nama Surakarta, maka banyak yang beranggapan bahwa universitas yang dulunya bernama Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) itu berada di Surakarta.

Dari empat universitas negeri yang ada, kami mencoba merincikan sejarah singkat maupun lokasinya. Ini untuk memudahkan anda, terutama bagi yang berminat kuliah di universitas tersebut untuk menemukan lokasinya.

Sekilas tentang Universitas Negeri di Surakarta

1. Universitas Sebelas Maret (UNS).
Universitas yang berdiri pada 11 maret 1976 ini awalnya merupakan gabungan dari 5 perguruan tinggi yang ada di Surakarta. Universitas ini beralamat di Jalan Ir. Sutami 36 A, Surakarta, 57126. Tlp (0271) 646994, fax (0271) 646655, web : uns.ac.id.

2. Institut Seni Indonesia (ISI).
Institut Seni Indonesia Surakarta merupakan satu dari tujuh perguruan tinggi negeri sejenis yang ada di Indonesia. Lembaga ini berdiri sejak 15 Juli 1964 sebagai Akademi Seni Karawitan Indonesia (ASKI) Surakarta yang kemudian menjadi Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) dan kemudian berubah menjadi ISI. Universitas ini berada di Jl. Ki Hadjar Dewantara No.19, Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57126, Telepon: (0271) 647658.

3. Institut Agama Islam Negeri Surakarta (IAIN).
IAINi Surakarta sebelumnya bernama Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Surakarta. Universitas ini merupakan perguruan tinggi di bawah Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia . Kampus ini berada di Jl. Pandawa, Pucangan, Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57168, Telepon: (0271) 781516.

4. Poltekkes Kemenkes Surakarta.
Politeknik Kesehatan ini berada di kawasan Jl. Letjen Sutoyo, Mojosongo, Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57127, Telepon: (0271) 856929. Di kampus ini terdapat sejumlah jurusan yang bisa anda pilih yakni Keperawatan dan Kebidanan. Selain itu ada sejumlah jurusan lain yang tentunya bisa menjadi alternatif seperti fisioterapi, jamu dan jurusan lainnya.

Universitas Negeri di Surakarta

Tentang situs kami lainnya bisa lihat di layanan aqiqah, perlengkapan umroh dan seragam batik kampus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.