IAIN atau Institut Agama Islam Negeri di Indonesia

IAIN atau Institut Agama Islam Negeri merupakan perguruan tinggi Islam yang ada di Indonesia. Perguruan tinggi ini menyelenggarakan pendidikan akademik khusus untuk mendalami disiplin ilmu keagamaan Islam. Selain Institut Agama Islam Negeri, di Indonesia terdapat sejumlah perguruan tinggi Islam lain seperti Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) dan juga Universitas Islam Negeri (UIN).

Pembentukan Institut Agama Islam Negeri dilakukan oleh pemerintah pada tahun 1960. Awalnya Institut Agama Islam Negeri berada di Yogyakarta dengan nama IAIN Al Jamiā€™ah al-islamiah al-Hukumiyah. Perguruan tinggi ini merupakan gabungan dari dua perguruan tinggi yakni Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN) di Yogyakarta dan juga Akademi Dinas Ilmu Agama (ADIA) yang ada di Jakarta. Tiga tahun kemudian muncullah cabang-cabang IAIN. Dan pada tahun 1965 nama Institut Agama Islam Negeri di Yogyakarta berganti menjadi Institut Agama Islam Negeri Sunan Kalijaga.

IAIN atau Institut Agama Islam Negeri menjadi UIN

Dalam perkembangannya, sejumlah IAIN mengalami perubahan nama menjadi Universitas Islam Negeri (UIN). Hal ini dikarenakan adanya jurusan maupun fakultas yang di luar pendidikan keislaman. Perubahan itu seperti terjadi pada Institut Agama Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta yang berganti nama menjadi UIN Syarif Hidyatullah. Selain Institut Agama Islam Negeri Syarif Hidyatullah sedikitnya ada 10 Institut Agama Islam Negeri lain yang juga berganti nama,di antaranya;.

UIN Sunan Kalijaga (Yogyakarta), UIN Maulana Malik Ibrahim (Malang), UIN Sunan Gunung Jati (Bandung), UIN Alaudin (Makasar). Selain itu ada juga UIN Sultan Syarif Kasim (Pekan Baru), UIN Ar-Raniry (Aceh), UIN Sunan Ampel (Surabaya), UIN Raden Patah (Palembang), UIN Sumatera Utara (Medan) dan UIN Waliwongo (Semarang).

Sedangkan untuk IAIN sendiri saat ini jumlahnya mencapai 21 perguruan tinggi. Dan tersebar di sejumlah daerah di Indonesia salah satunya yang ada di Sukoharjo, yang bernama Institut Agama Islam Negeri Surakarta. Saat ini jumlah fakultas di IAIN Surakarta sebanyak empat fakultas dengan 22 program studi. Di antaranya Fakultas Ushuludin dan Dakwah, Fakultas Syariah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam.

Selain program sarjana, IAIN Surkarta juga terdapat program pascasarjana. Seperti Pascasarjana Pendidikan Islam (MPI), Manajemen Keuangan dan Perbankan Syariah (MKPS), dan Ilmu Quran dan Tafsir (IQT). Saat ini perguruan tinggi Islam yang berada di bawah pimpinan rektor Dr. Mudhofir Abdullah M.Ag.

IAIN atau Institut Agama Islam Negeri

Tentang situs kami lainnya bisa lihat di layanan aqiqah, tengkleng solo, perlengkapan umroh dan seragam batik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.