IAIN Surakarta berada di kabupaten sukoharjo

IAIN Surakarta adalah salah satu perguruan tinggi Islam yang berada di Kabupaten Sukoharjo. Sebelum bernama IAIN, perguruan tinggi ini bernama Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Surakarta atau STAIN. Perguruan tinggi ini berada di bawah kewenangan dari Kementerian Agama (Kemenag). Gagasan berdirinya perguruan tinggi ini muncul dari seorang yang bernama H. Munawwir Syadzali. Waktu itu Munawwir menginginkan adanya kualitas pendidikan Islam yang unggul.

Awal berdirinya, IAIN hanya terdapat dua fakultas yakni Fakultas Ushuludin dan Fakultas Syari’ah. Dua fakultas ini pun tidak dimunculkan sendiri di kampus yang berlokasi di Jalan Pandawa, Pucangan, Kartasura tersebut. Melainkan, merupakan relokasi dari Kudus dan Pekalongan. Pembukaan dua fakultas ini tepatnya dilakukan pada 12 September 1992.

IAIN Surakarta
Tentang situs kami lainnya bisa lihat di layanan aqiqah, daging kambing, perlengkapan umroh dan seragam batik murah.

Perkembangan kualitas IAIN Surakarta

Dengan adanya bibit unggul dair lulusan Madrasah Aliyah Program Khusus (MAPK) yang melanjutkan pendidikannya ke jenjang perguruan tinggi di IAIN, akhirnya IAIN mengalami perkembangan yang cukup pesat. MAPK sendiri adalah salah satu sekolah bentukan dari Munawwir yang lebih dulu ada dan tersebar di sejumlah daerah di Indonesia. Baru kemudian pada kisaran tahun 1997 terjadi perubahan yang signifikan terhadap keberadaan IAIN. Di mana seluruh fakultas yang ada, khususnya yang ada di luar kampus induknya menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri atau STAIN.

Selanjutnya menyusul keluarnya Peraturan Presiden Nomor 1 tahun 2011 akhirnya STAIN diubah menjadi IAIN yakni Institus Agama Islam Negeri Surakarta. Jumlah fakultas di IAIN juga terus bertambah, sampai saat ini jumlah fakultas yang ada sebanyak empat fakultas. Di antaranya Fakultas Ushuludin dan Dakwah, Fakultas Syariah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam.

Sedangkan untuk jumlah program studi yang diajarkan di kampus ini mencapai 22 program studi.
Tidak hanya program sarjana saja yang ada di IAIN tetapi sejumlah program pascasarjana juga ada. Seperti Pascasarjana Pendidikan Islam (MPI), Manajemen Keuangan dan Perbankan Syariah (MKPS), dan Ilmu Quran dan Tafsir (IQT). Saat ini perguruan tinggi Islam yang berada di bawah pimpinan rektor Dr. Mudhofir Abdullah M.Ag.

Batik slimfit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.