PPDB Solo atau penerimaan peserta didik baru

PPDB Solo atau penerimaan peserta didik baru diadakan dengan dua sistem yakni sistem manual atau offline dan sistem online atau daring. Mulai 2017 ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta hanya menangani PPDB untuk tingkat sekolah menengah pertama atau SMP dan sekolah dasar (SD) saja. Sedangkan untuk tingkat sekolah menengah atas atau SMA maupun SMK berada di tangan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Jateng). Ini menyusul pengambilalihan pengelolaan untuk tingkat SMA/K dari kota ke Provinsi.

Pemkot Surakarta memberikan beberapa persyaratan untuk PPDB secara offline. Sistem pendaftaran tersebut hanya dikhususkan bagi siswa dari keluarga miskin atau Gakin, dan juga para siswa yang memiliki prestasi. Sedangkan untuk siswa di luar dua kategori itu wajib mengikuti PPDB secara online. Saat ini, PPDB secara online diikuti oleh 63 sekolah, baik itu sekolah negeri maupun sekolah swasta. Untuk sekolah negeri diikuti oleh 27, dan sisanya merupakan sekolah swasta.

PPDB Solo bagi sekolah swasta

Meski begitu, pemerintah tidak memaksakan sekolah swasta untuk menggelar PPDB secara online. Hal ini berkaitan dengan ketersediaan infrastruktur sekolah. Meski begitu, jumlah ini bakal terus bertambah mengingat adanya sejumlah kelebihan dibandingkan PPDB secara offline. Salah satunya, yakni hasil PPDB dapat dipantau oleh siswa secara realtime melalui website yang sudah disediakan. Pendaftaran dengan sistem ini semula hanya diadakan oleh sekolah negeri saja, karena yang memiliki kelengkapan fasilitas. Tetapi, seiring berjalannya waktu banyak sekolah swasta yang sudah menerapkan sistem ini.

Untuk segala informasi terkait dengan PPDB online para siswa cukup mengakses di ppdb-solo.net. Para siswa bisa melihat segala informasi terkait sekolah maupun PPDB. Mulai dari nilai, jurnal sekolah, profil sekolah yang akan dituju, cek nilai, petunjuk teknis dan lainnya. Dengan banyaknya informasi yang disediakan di ppdb-solo.net tersebut semakin memudahkan para siswa untuk mendaftarkan sekolah ke tempat yang dituju.

Tidak hanya itu, para calon siswa juga bisa segera mencari sekolah pengganti jika peluang lolos di sekolah idola tipis atau bahkan dinyatakan gagal. Sehingga, mereka tidak perlu pusing untuk mendapatkan sekolah alternatif atau cadangan.

PPDB Solo atau penerimaan peserta didik baru
Website kami lainnya bisa lihat di layanan aqiqah, daging kambing, perlengkapan umroh dan seragam batik sekolah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.