Wisata belanja solo dengan dua suasana berbeda

Wisata belanja solo dengan dua suasana yang berbeda. Anda bisa menentukan sendiri alur cerita belanja saat berada di kota budaya ini. Wisata belanja solo tradisional maupun modern. Banyak tempat belanja yang bisa Anda kunjungi saat di kota solo. Entah untuk keperluan sehari – hari maupun keperluan wisata. Berikut kami tampilkan beberapa lokasi untuk belanja.

Wisata belanja solo yang bersifat tradisional

1. Pasar Klewer

Pasar Klewer pada awalnya dinamakan pasar Slompretan. Letaknya di sebelah selatan alun-alun utara, sebelah selatan Masjid Agung. Dahulu tempat itu dipergunakan untuk menyimpan dan Berhentinya kereta. Pada pendudukan Jepang, tempat itu dipergunakan untuk berdagang bagi kalangan miskin yang tidak punya tempat berjualan. Para pedagang menawarkan dagangannya dengan disampirkan di bahu, sehingga tampak berkeleweran di pinggir jalan, maka pasar ini disebut Pasar Klewer.

Kini klewer terkenal dengan sebutan pasar kain tradisional maupun kain batik. Selain harga murah, keunikan barang bisa Anda jumpai di sana. Pasar Klewer merupakan salah satu sumber pemasukan daerah yang tidak main main, pasar tersebut pertahunnya turut menyumbang Rp. 3 Milyar Jumlah pendapatan retribusi tersebut telah hampir memenuhi 5% dari RAPBD Kota Surakarta tahun 2004. Sungguh pantas kalau Pasar Klewer Merupakan salah satu Icon Pariwisata kota surakarta, karena terbukti hingga sekarang pasar Klewer Merupakan alternatif tempat yang dikunjungan para wisatawan.

2. Pasar Gede

Pada zaman kolonial Belanda, Pasar Gede mulanya merupakan sebuah pasar kecil yang didirikan di area seluas 10.421 hektar, berlokasi di persimpangan jalan dari kantor gubernur yang sekarang berubah fungsi menjadi Balaikota Surakarta. Beroperasi hampir 24 jam nonstop tanpa henti. Pada pagi hari, terkenal dengan pasar buah segar yang didatangkan dari berbagai daerah.

3. Pasar Nusukan

Pasar Nusukan yang terletak dijalan Kapten Piere Tendean, Kelurahan Nusukan, Kecamatan Banjarsari. Pada tahun 2004 Pasar Nusukan mengalami musibah kebakaran dan dibangun kembali pada tahun 2006. Pada tahun ini juga Pemerintah Kota Surakarta mengalokasikan dana yang diperuntukkan sebagai bantuan subsidi kepada pedagang lama Pasar.

Pasar Nusukan menyediakan berbagai macam kebutuhan sehari-hari, baik kebutuhan pangan maupun sandang. Ativitas pasar dimulai dari dini hari hingga malam. Pedagang sayur-mayur kebanyakan datang dari luar kota Solo seperti Boyolali, Sragen, Purwodadi dan Karanganyar. Lokasi: Jl. Kapten P. Tendean Nusukan Banjarsari Surakarta.

Wisata belanja solo tradisional lainnya

Selanjutnya Wisata belanja solo ialah pasar legi. Pasar Legi didirikan pada masa pemerintahan Mangkunegoro I (Pangeran Samber Nyawa). Terletak di jalan Sutan Syahrir, Kelurahan Stabelan, Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta. Pasar ini mempunyai luas sekitar 16.640 m2. Pasar Legi merupakan pasar induk hasil bumi terbesar di Surakarta, yang mendapatkan pasokan dagangan dari berbagai daerah baik dari wilayah sekitar surakarta maupun dari luar daerah seperti Brebes, Temanggung, Tasikmalaya, Sidoarjo, Malang dan lain sebagainya.

Yang kelima Pasar Klithikan Notoharjo. Pasar Notoharjo dibangun pada tahun 2006 oleh Pemerintah Kota Surakarta. Pasar ini terletak di Kalurahan Semanggi, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta, diatas lahan seluas 1.800m2.

Keenam Pasar Harjodaksino. Terletak di jalan Kom. Yos Sudarso, Kalurahan Danusuman, Kecamatan Serengan Kota Surakarta yang menempati lahan seluas lebih kurang 7.688m2. Pasar ini diresmikan pertama kali pada tanggal 15 Juni 1987.

Ke Tujuh Pasar Kabangan yang merupakan salah satu pasar spesifik yang ada di Solo, terletak di sebelah Utara Kampoeng Batik Laweyan. Pasar ini punya sebutan lain “Pasar Seng”, khusus menyediakan alat-alat rumah tangga atau barang-barang yang terbuat dari seng, aluminium, ban bekas, ember-ember bekas cat, tong-tong bekas bahan kimia.

Selanjutnya Pasar Kleco (Sidodadi). Pasar Sidodadi berlokasi di Jalan Slamet Riyadi, Kalurahan Karangasem, Kecamatan Laweyan Kota Surakarta. Pasar tersebut tidak mempunyai spesifikasi khusus, tetapi mampu menyediakan berbagai kebutuhan pokok masyarakat.

Wisata belanja solo modern

Wisata belanja solo modern sekarang bermunculan. Ada Solo Grand Mall yang terletak di Jl. Slamet Riyadi Laweyan, Solo. Yang semisal SGM juga ada di Solo Square Mall berlokasi di Jl. Brigjen Slamet Riyadi 451 Laweyan, Solo.

Berikut nama dan alamat lengkap swalayan lainnya :

Makro.
Jl. Bhayangkara 2 Laweyan, Solo.

Assalam Hipermarket.
Jl. A. Yani 308 Pabelan Sukoharjo, Solo Barat.

ATRIA.
Jl. RA. Kartini 33 Banjarsari, Solo.

Luwes.
Jl. Kapten Mulyadi 101 Pasar Kliwon, Solo.

Matahari singosaren.
Jl. Gatot Subroto No. 27-28, Singosaren, solo Jawa Tengah 57153.

Solo Paragon.
Jl. Yosodipuro No. 133 Solo No. Telp. : (0271) 727306.

Wisata belanja solo

Demikian sedikit dari kami tengkleng solo bu jito dlidir. Nuwun.

Situs kami lainnya di : seragam batik kantor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.