Tanjungpandan di Belitung, Kepulauan Bangka Belitung

Tanjungpandan adalah nama kecamatan yang berada di Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung. Kecamatan ini sekaligus menjadi ibukota dari Kabupaten Belitung. Ada 12 kelurahan di kecamatan ini. Diantaranya, kelurahan Buluh Tumbang, Perawas, Lesung Batang, Pangkal Lalang, Dukong, Juru Seberang, Kota Tanjungpandan, Kampung Parit, Tanjung Pendam, Air Sagak, Paal Satu dan Kelurahan Air Merbau.

Tanjungpandan

Wisata Tanjungpandan

Jika anda berkunjung ke kecamatan ini jangan lupa menjelajahi tempat-tempat wisata yang ada. Sebagai kota pelabuhan, Tanjungpandan memiliki sejumlah tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Mulai dari wisata pantai, wisata sejarah dan tempat wisata lainnya. Untuk tempat wisata pantai, di kecamatan ini terdapat pantai Tanjung Tinggi. Pantai ini berada di Dusun Tanjung Tinggi, Desa Keciput, Kecamatan Sijuk. Pantai ini juga dikenal dengan sebutan Pantai Bilik. Ini karena, pantai ini berada di antara dua semenanjung.

Pantai ini juga pernah digunakan sebagai tempat pembuatan film Laskar Pelangi. Makanya, desa ini juga dikenal dengan nama Desa Laskar Pelangi. Di tempat ini selain bisa menikmati keindahan panorama alamnya anda juga bisa berolahraga, seperti jet ski, diving dan bagi anda yang memiliki hobi mancing bisa juga mancing di tempat ini. Selain Pantai Tanjung Tinggi, ada tempat wisata lain yang tidak kalah menariknya yakni Pantai Keramat. Tetapi tunggu dulu, meski namanya keramat tetapi pantai yang ada di Desa Lalang, Kecamatan Manggar ini tidak seseram atau sekeramat namanya.

Pantainya tetap elok dengan paduan panorama alam dan ombak yang tidak terlalu besar. Makanya, tempat ini bisa anda jadikan sebagai “kolam renang” raksasa anda. Tidak hanya itu, seperti pantai-pantai lainnya yang ada di Belitung, pantai ini juga bisa anda jadikan sebagai tempat untuk menyalurkan hobi memancing anda. Beralih dari pantai, di Tanjungpandan juga terdapat beberapa museum, satu diantaranya Museum Belitung juga dikenal dengan nama Museum Tanjungpandan.

Museum ini terletak di Jalan Melati atau tepatnya di depan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tanjungpandan. Jika anda berkunjung ke museum ini anda bisa melihat koleksi museum yang sangat bersejarah. Museum ini memiliki sejumlah koleksi yang berkaitan dengan sejarah Belitung.

Situs kami lainnya ada di : Kain batik solo harga grosir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.