Tanjungbalai kota di provinsi sumatera utara

Tanjungbalai adalah salah satu kota yang ada di Provinsi Sumatera Utara. Sebelum dilakukan pemekaran, kota ini menjadi kota terpada se-Asia Tenggara dengan kepadatan penduduk mencapai 40.000 jiwa atau 20.000 jiwa perkm2. Akhirnya Tanjung balai diperluas dari yang awalnya hanya 2 km2 menjadi lebih kurang 60 km2. Kota ini berjarak lebih kurang 186 kilometer dari Kota medan. Jika anda ingin melakukan perjalanan dari Kota Medan butuh waktu 5 jam untuk bisa sampai di Kota Tanjungbalai.

Di Kota ini terdapat enam kecamatan diantaranya Kecamatan Datuk Bandar, Datuk Bandar Timur, Tanjung balai Selatan, Tanjung balai Utara, Sei Tualang Raso, dan juga Kecamatan Teluknibung. Dari enam kecamatan tersebut terdapat 31 kelurahan. Kota ini memiliki sejumlah kuliner khas yang hanya dapat anda temui di sana. Diantaranya, kerang daguk atau kerang batu, kerang bulu, ikan asin mayung, ikan teri medan atau teri putih, dan juga kuliner khas lainnya yang harus anda cicipi saat mengunjungi kota ini.

Jika anda akan berkunjung ke kota ini, anda tidak boleh melewatkan even tahunannya yakni Pesta Kerang. Even ini diadakan untuk memperingati hari ulang tahun Kota Tanjungbalai. Kenapa dinamakan Pesta Kerang, karena kota ini merupakan kota penghasil kerang terbesar. Maka dari itu, Kota Tanjungbalai juga mendapatkan julukan sebagai Kota Kerang.

Tanjungbalai

Tentang situs kami lainnya bisa lihat di layanan aqiqah, perlengkapan umroh dan jual seragam batik.

Tanjungbalai dan destinasi wisata

Jika anda berjalan-jalan ke Kota Tanjungbalai, anda kami sarankan untuk mengunjungi sejumlah destinasi wisata atau tempat-tempat yang ramai dikunjungi, salah satunya yakni pasar ikan. Di pasar ikan yang berada di Jalan Asahan ini anda dapat membeli ikan sepuasnya. Tidak hanya ikan asin saja, tetapi sejumlah ikan langka juga dijual di sini.

Jadi kalau anda seorang penggemar ikan, jangan pernah melewatkan pasa ikan. Selain di pasar ikan, ada juga tempat wisata menarik lainnya yakni Sungai Asahan.

Sungai Asahan juga ikon pariwisata di Tanjungbalai. Kemudian ada jembatan terpanjang yakni jembatan Tabayang. Jembatan ini memiliki panjang 600 meter dan menjadi jembatan terpanjang yang ada di Sumut. Jembatan ini menghubungkan Kota Tanjungbalai dengan Kabupaten Asahan. Selain destinasi wisata yang kami uraikan masih banyak destinasi wisata menarik lainnya yang bisa anda kunjungi.

Batik bali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.