Sipenmaru Surakarta dan perkembangannya

Sipenmaru Surakarta atau seleksi penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi menjadi pintu utama masuk ke salah satu perguruan tinggi di Surakarta. ini kadang memiliki nama yang berbeda untuk setiap kampus. Misalkan untuk perguruan tinggi negeri dulu bernama ujian masuk perguruan tinggi negeri (UMPTN).

Kemudian berubah menjadi seleksi penerimaan mahasiswa baru atau SPMB. Dalam seleksi ini terdapat dua jalur yakni jalur penelusuran minat dan kemampuan atau dikenal dengan jalur PMDK atau undangan. Kemudian ada jalur ujian yakni SPMB mandiri.

Sipenmaru Surakarta

Karena sempat terjadi kekacauan saat penyelenggarannya, tepatnya pada kisaran tahun 2008 akhirnya SPMB diganti menjadi seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN). Dalam seleksi ini juga ada SNMPTN mandiri dan ada juga jalur undangan atau yang dikenal dengan PMDK yakni seleksi melalui nilai rapor siswa. Kemudian nama ini kembali diubah menjadi seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN). Nama ini untuk menggantikan SNMPTN jalur mandiri, sedangkan untuk SNMPTN jalur undangan atau PMDK menjadi SNMPTN saja tanpa ada PMDK.

Tentang situs kami lainnya bisa lihat di layanan aqiqah solo, aqiqah jogja, aqiqah semarang, perlengkapan haji dan seragam batik

Sipenmaru Surakarta ditanggung pemerintah

Untuk penyelenggaraan seleksi jalur SNMPTN ini sepenuhnya ditanggung oleh pemerintah sedangkan SBMPTN ditanggung oleh peserta. Adapun perbedaan lainnya antara SBMPTN dengan SNMPTN yakni penyelenggaraannya. Untuk SBMPTN ini diadakan dalam skala nasional. Jadi seorang peserta dapat memilih kampus di luar wilayahnya. Selain itu, seleksi ini tidak hanya diikuti oleh siswa yang baru lulus sekolah tingkat menengah atas atau sederajat saja. Tetapi, siswa yang dua tahun lulus dari SMA atau sederajat juga bisa mengikuti SBMPTN ini. Jadi untuk persaingannya juga cukup ketat karena bisa dibilang sangat banyak peserta yang akan memperebutkan kursi di kampus negeri.

Selain itu, untuk peserta pendaftar SBMPN diberikan tiga pilihan yakni jurusan SAINTEK (bagi yang memilih jurusan IPA), jurusan SOSHUM (bagi yang memilih jurusan IPS), dan IPC (bagi yang memilih jurusan IPA dan IPS). Selain perguruan tinggi negeri, banyak juga kampus swasta yang menggelar Sipenmaru ini seperti Poltekkes Kemenkes Surakarta yang ada di Jalan Letjen Sutoyo Mojosongo, Jebres. Kemudian ada juga Stikes Aisyiah Surakarta dan masih banyak kampus lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.