Rantau Prapat kota di Sumatera Utara

Rantau Prapat merupakan kota kecil yang ada di Sumatera Utara. Kota ini juga menjadi Ibu Kota dari Kabupaten Labuhan Batu. Kota ini dilalui sungai besar yang bernama Sungai Bilah. Sungai yang memiliki kedalaman antara 2 sampai 8 meter ini sampai saat ini menjadi sumber pencaharian warga yakni berupa galian C. Kota ini terbagi menjadi dua kecamatan yakni Kecamatan Rantau Utara dan Rantau Selatan. Dari dua kecamatan ini terdapat 19 Kelurahan.

Banyak cerita mengenai asal mula penamaan kota ada yang menyebutkan bahwa nama ini berasal dari para pencari bambu. Saat ditanya oleh warga pencari bambu tersebut tidak mengetahui nama tempat dia mencari bambu. Kemudian mereka menyebutnya sebagai Merantau ke Parapat (desa). Dari situlah muncul nama Rantau Prapat. Selain dari cerita itu, mucnu juga versi lainnya yang meyebut jika munculnya nama itu karena banyaknya perantau yang datang ke desa tersebut. Karena itu, mereka pun semakin dekat atau kata lain merapat. Dari situlah muncul nama Rantau Prapat.

Berkunjung ke Rantau Prapat

Jika anda berkunjung ke kota ini, anda dapat menempuh perjalanan melalui jalur kereta dari Kota Medan. Jarak antara Kota Rantau Prapat dengan Kota Medan hanya 6,5 kilometer saja. Di kota ini terdapat sejumlah kuliner khas yang menggoda lidah anda. Salah satunya yang menjadi andalannya yakni mi rebus. Tetapi, tetapi berbeda dengan mi rebus di banyak daerah. Mi rebus yang ada di kota ini sarat akan rempah-rempah yang sangat terasa saat anda nikmati kuahnya. Selain itu, kuah dari mi ini juga lebih kental dibandingkan dengan kuah pada mi biasanya. Ini karena, kuah mi ini diberikan tepung sagu sebagia pengentalnya.

Rantau Prapat
Tentang situs kami lainnya bisa lihat di layanan aqiqah, perlengkapan umroh dan jual seragam batik.

Sebagai pelengkap, mi ini juga ditambah dengan touge, tahu, telur, dan udang kering. Mi ini lebih enak saat disantap saat masih hangat. Selain mi rebus, anda juga bisa menikmati kuliner lainnya berupa sate kerang dan juga kerang rebus. Selain kuliner di kota ini terdapat satu destinasi wisata yang sangat terkenal yakni air terjun Linggara atau yang dikenal dengan nama air terjun kembar. Ini karena anda akan menemukan dua air terjun yang letaknya berdekatan.

Batik bali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.