Kartasura Surakarta dan kabupaten Sukoharjo

Kartasura Surakarta merupakan dua nama yang hampir mirip. Bahkan bagi sebagian orang awam dua nama ini seperti hanya dibalik saja. Yakni Surakarta dan Kartasura. Padahal tidak seperti itu, Kartasura merupakan salah satu kecamatan yang ada di wilayah administrasi Kabupaten Sukoharjo. Kecamatan ini membawahi 12 kelurahan. Diantaranya, Kelurahan Puangan, Wirogunan, Kertonatan, Kartasura, Ngemplak, Ngabean, Gadirejo, Singopuran, Pabelan, Makamhaji, Gonilan dan Gumpang. Karena letaknya yang berada di dekat Kota Surakarta, Kartasura juga sering disebut sebagai Kota satelit Surakarta atau Solo.

Kartasura Surakarta
Tentang situs kami lainnya bisa lihat di layanan aqiqah, perlengkapan umroh dan seragam batik.

Bagi warga Kartasura yang ingin ke pusat Kota Sukoharjo harus melintasi Kota Surakarta dulu. Saat ini Kecamatan Kartasura mengalami perkembangan yang sangat pesat layaknya kota baru yang ada di Sukoharjo.

Kartasura Surakarta dalam sejarah

Sedangkan Surakarta merupakan nama kota yang ada di sebelah timur Kecamatan Kartasura. Saat ini kota yang berjuluk sebagai Kota Bengawan ini dipimpin oleh Walikota F.X. Hadi Rudyatmo dan Wakil Walikota Achmad Purnomo. Dibalik miripnya dua nama tersebut sebenarnya ada sejarah yang panjang terkait lahirnya dua nama wilayah itu. Sejarah ini juga berkaitan dengan berdirinya Keraton Kasunanan Surakarta yang saat ini berada di bawah kepemimpinan seorang raja PB XIII Hangabehi.

Dahulu sebelum berdirinya nama Kota Surakarta maupun Kerajaan Kasunanan Surakarta sudah ada kekuasaan dari Kerajaan Kasunanan Kartasura. Kerjaan ini merupakan kelanjutan dari Kerajaan Islam Mataram. Kerajaan ini didirikan oleh Adipati Anom yang bergelar Amangkurat II pada 1680. Kerajaan ini berkuasa sampai 1742. Kemudian terjadilah pertempuran yang akhirnya menyebabkan kerajaan Kasunanan ini pindah ke Surakarta dan mengambil nama Kerajaan Kasunanan Surakarta.

Surakarta pernah menjadi daerah istimewa layaknya Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Sama dengan Yogyakarta, dulu DIS Surakarta setingkat dengan Provinsi. Di dalamnya terdapat beberapa kabupaten, diantaranya Kabupaten Wonogiri, Sukoharjo, Karanganyar, Sragen, Boyolali dan Kabupaten Klaten. Tetapi, akhirnya DIS dibubarkan dan kabupaten yang ada di dalamnya berdiri sendiri sampai saat ini. Dan untuk penyebutan wilayah yang ada di kawasan Surakarta ini ada istilah eks Karesidenan Surakarta.

Batik bali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.