Deskripsi Kota Solo di provinsi jawa tengah

Deskripsi Kota Solo adalah salah satu Kota yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Kota ini terletak di sisi barat Sungai Bengawan Solo. Oleh karena itu, Kota ini juga mendapatkan julukan sebagai Kota Bengawan. Kota ini juga sering disebut dengan nama Kota Surakarta. Saat ini kota yang memiliki jargon Berseri Tanpa Korupsi ini dipimpin oleh Walikota bernama F.X. Hadi Rudyatmo dan Wakilnya bernama Achmad Purnomo.

Deskripsi Kota Solo
Tentang situs kami lainnya bisa lihat di layanan aqiqah, perlengkapan umroh dan seragam batik.

Ada beberapa versi mengenai nama Solo. Ada yang mengatakan, jika nama Solo merupakan pemilihan dari salah satu nama desa saat berkuasanya Kerajaan Kasunanan Surakarta. Tetapi versi lain mengatakan, jika nama Solo diambil dari nama tokoh yakni Ki Gede Sala. Sosok ini disebut-sebut sebagai asal mula pemberian nama Kota Solo. Makam Ki Gede Sala berada di Dalem Mloyokusuman, RT 1/12 Baluwarti, Pasar Kliwon. Keberadaan makam ini turut menjadi salah satu penarik wisatawan yang penasaran dengan sosok tersebut.

Sebagai bentuk penghormatan terhadap jasanya, jajaran Pemkot Surakarta rutin berziarah di makam Ki Gede Sala. Biasanya ziarah ini dilakukan setiap bulan Februari atau bertepatan dengan hari jadi Kota Solo. Nama Kota Solo semakin dikenal setelah dipimpin oleh Walikota Joko Widodo atau lebih dikenal dengan nama Jokowi yang berdampingan dengan Wakilnya yakni F.X. Hadi Rudyatmo.

Deskripsi Kota Solo dengan batas wilayahnya

Kota Solo berbatasan dengan enam kabupaten yang dulunya masih tergabung dalam Daerah Istimewa Surakarta (DIS) atau setingkat provinsi. Enam kabupaten tersebut di antaranya Kabupaten Klaten, Boyolali, Sukoharjo, Sragen, Karanganyar dan Kabupaten Wonogiri.

Berdasarkan jumlah penduduk yang ada, kota ini disebut-sebut sebagai kota terbesar ketiga di Jawa setelah Bandung dan Malang. Kota Solo memiliki luas sekitar 44 kilometer persegi dengan kepadatan penduduk mencapai 13.000/km nya. Pada 2010 lalu, jumlah penduduk yang tercatat di Kota Solo bahkan mencapai lebih dari 500 ribu jiwa. Dengan jumlah ini, Kota Solo bahkan tercatat sebagai kota terpadat di Jawa Tengah.

Kota Solo terdiri dari lima kecamatan, di antaranya Kecamatan Banjarsari, Laweyan, Serengan, Jebres, dan Pasar Kliwon. Sedangkan untuk jumlah kelurahan sebanyak 51 kelurahan.

Situs kami lainnya ada di : Kain batik solo harga grosir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.