Arjawinangun di Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat

Arjawinangun merupakan salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat. Kecamatan ini terletak di bagian barat Cirebon dan sangat dekat dengan Kabupaten Indramayu. Kota ini bisa dibilang sebagai kota yang strategis, karena letaknya berada di jalur jalan provinsi yang dikenal dengan Jalur Pantura. Tidak hanya itu, kecamatan ini juga terdapat jalur kereta lintas Jawa. Bagi siapapun yang naik kereta api dari Jakarta ingin menuju ke Jawa Tengah atau Jawa Timur pasti melewati jalur kecamatan ini.

Arjawinangun

Tentang situs kami lainnya bisa lihat di layanan aqiqah, perlengkapan umroh dan jual batik.

Kecamatan ini terdapat 11 desa/kelurahan diantaranya, Arjawinangun, Bulak Geyongan, Junjang, Junjang Wetan, Karangsambung, Kebonturi, Rawa Gatel, Sende, Tegalgubug, dan Desa Tegalgubug Lor. Selain sebagai jalur strategis di kecamatan ini juga terdapat pasar tekstil yang cukup besar yakni Pasar Sandang Tegalgubug. Pasar yang berada di desa Tegalgubug ini bahkan pasar ini diklaim sebagai pasar tekstil terbesar di Asia Tenggara, dengan luas pasar mencapai lebih dari 30 hektare.

Arjawinangun dan pasar Tegalgubug batik

Tetapi, pasar ini tidak setiap hari buka melainkan hanya pada hari-hari tertentu saja seperti hari Selasa dan hari Sabtu saja. Pada hari-hari itu anda bisa menemukan berbagai macam kebutuhan tekstil. Mulai dari kain, busana dan lainnya. Pasar ini terdiri dari beberapa blok, mulai dari blok A hingga Blok H.

Dan setiap tahunnya jumlah blok ini terus bertambah, karena pengelola terus melakukan pembangunan blok-blok di pasar yang berdiri sejak 1914 itu. Menurut cerita awal mula munculnya pasar ini karena kemahiran warga Tegalgubug dalam membuat pakaian. Secara lambat laun terjadilah transaksi dan akhirnya dibangun pasar ini.

Bagi anda yang akan berkunjung di kecamatan ini, selain ada pasar sandang, di Arjawinangun juga terdapat sejumlah tempat menarik yang bisa anda kunjungi. Seperti, kolam renang Tirtamas Gemilang Waterpark. Kolam renang ini cukup terkenal di Arjawinangun. Banyak wisatawan yang mengunjungi tempat ini. Kolam renang ini berada di Jl. Raya Pantura Cirebon, Kebonturi, Arjawinangun, Cirebon, Jawa Barat. Selain berenang anda juga bisa menikmati sejumlah wahana yang disediakan oleh pengelola.

Situs kami lainnya ada di : Kain batik solo harga grosir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.