Pemerintah Kota Surakarta secara lebih dekat

Pemerintah Kota Surakarta atau lebih dikenal dengan nama Pemkot ini berpusat di Kompleks Balaikota Surakarta, JL. Jendral Sudirman No. 2, Solo, Kampung Baru, Pasar Kliwon. Kompleks ini bernama Sekretariat Daerah atau Setda. Di tempat ini terdapat kantor dinas untuk Walikota Surakarta yakni F.X. Hadi Rudyatmo dan Wakil Walikota Achmad Purnomo. Selain itu juga kantor Sekretaris Daerah atau Sekda yakni Budi Yulistianto.

Pemerintah Kota Surakarta

Selain kantor dinas pimpinan Kota Surakarta, di sini juga terdapat sejumlah kantor Organisasi Perangkat Daerah atau OPD kalau dulu bernama Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Beberapa OPD yang ada di Setda diantaranya Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik, Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah, Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah.

Pemerintah Kota Surakarta dan balaikota

Selain itu juga ada kantor Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Dinas Pemberdayaan Perempuan Pemberdayaan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan juga Dinas Kesehatan.

Sedangkan untuk OPD yang tidak ada di dalam kompleks Balaikota ini memiliki kantor masing-masing yang ada di beberapa sudut Kota. Pemerintah yang ini memiliki misi yang selalu didengung-dengungkan yang dikenal dengan 3WMP. Apa itu 3WMP?, 3WMP merupakan kependekan dari Waras, Wasis, Wareg, Mapan dan Papan. Misi inilah yang selama ini diupayakan oleh Pemkot Surakarta untuk terwujud demi kesejahteraan warga Solo.

Indonesian batik fabric

Secara singkat, misi ini adalah menggenjot bidang kesehatan agar masyarakat Solo bisa sehat atau waras, sehingga terwujud sebuah kehidupan yang menerapkan perilaku hidup sehat. Kemudian Wasis yakni mewujudkan masyarakatnya cerdas, terampil, dan berdaya saing serta berkontribusi untuk kemajuan kota. Wareg yakni mewujudkan kota yang produktif dan mampu untuk memenuhi kebutuhan jasmani dan rohani. Mapan yakni mewujudkan sebuah masyarakat yang tertib, aman, damai, berkeadilan, berkarakter dan berdaya saing melalui pembangunan daerah yang akuntabel. Dan satu lagi Papan yakni mewujudkan keseimbangan kebutuhan papan serta daya dukung dan daya tampung lingkungan, dengan dinamika kebutuhan pertumbuhan penduduk menuju kota berwawasan pembangunan berkelanjutan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.