Muncar kecamatan di kabupaten Banyuwangi

Muncar merupakan salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Banyuwangi. Kota ini disebut sebagai penghasil ikan laut kedua setelah Bagan Siapi-api. Tidak hanya itu, kota yang terletak di sebelah utara Kota Banyuwangi ini juga dikenal sebagai penghasil semangka terbesar. Ada dua wilayah atau desa yang dikenal sebagai penghasil semangka, yakni Desa Tembokrejo dan Desa Bagorejo. Kecamatan ini terdapat 11 desa, diantaranya Desa Blambangan, Kedungrejo, Kedungringin, Kumendung, Sumberberas, Sumbersewu, Tambakrejo, Tapanrejo, Tembokrejo, dan juga Desa Wringin Putih.

Muncar dan festival bulan sura

Sebagai kecamatan dengan pelabuhan terbesar kedua, tidak heran jika aktifitas warganya didominasi sebagai nelayan. Di kota ini ada sebuah festival yang rutin diadakan saat bulan Sura. Festival tersebut dinamakan petik laut. Festival ini merupakan perayaan yang sakral, di mana banyak sesajen yang dihadirkan saat perayaan festival ini. Saat menyaksikan festival ini anda akan melihat kepala kambing, dua ekor ayam, pancing emas, buah-buahan. Sejumlah sesajen ini ditempatkan di sebuah miniatur perahu yang kemudian dilarung ke tengah laut.

Tetapi, sebelum dilarung miniatur perahu tersebut diarak keliling kampung. Dan saat prosesi ini banyak juga warga yang tidak tidur semalam suntuk. Mereka melakukan sejumlah kegiatan, seperti membaca kita suci Alquran. Setelah setiap prosesi dilalui, baru pagi harinya perahu miniatur yang berisi sesaji itu dilarung. Tujuan dari perayaan ini yakni agar dewi laut memberikan berkah kepada warga saat melaut. Tidak hanya itu, warga pun langsung beramai-ramai mandi di laut.

Selain festival Petik Laut, di Muncar juga menyuguhkan sejumlah tempat wisata menarik yang bisa anda kunjungi. Salah satunya yakni Pantai Mangrove. Seperti namanya, di pantai ini anda akan melihat hamparan pohon mangrove. Pantai yang juga dikenal sebagai Pantai Cemara ini berada di Desa Wringin Putih. Saat anda berkunjung ke tempat wisata ini, anda bisa mencari sejumlah spot untuk berselfie atau berfoto bersama orang-orang tersayang maupun keluarga anda.

Muncar dan festival bulan sura
Tentang situs kami lainnya bisa lihat di layanan aqiqah, perlengkapan umroh dan seragam batik.

Jika anda ingin menyusuri kawasan ini, ada jembatan bambu yang sudah disediakan oleh pengelola. Sehingga anda bisa dengan mudah untuk berjalan-jalan di kawasan ini dan menikmati keindahannya.

Batik bali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.