Menu idul adha dengan tengkleng solo

Menu idul adha dengan tengkleng solo yang khas. Warung dlidir akan sedikit berbagi resep tentang cara membuat tengkleng solo. Sebagai pelaku usaha dibidang kuliner, bisa berbagi hal yang bermanfaat merupakan kebahagiaan tersendiri.

Menu idul adha dengan tengkleng solo

Menu idul adha yang khas

Menu idul adha yang khas bisa Anda praktekkan di rumah. Walaupun tutorial ini bersifat global, Anda bisa mengkreasikannya sendiri sesuai citarasa dan selera. Inti dari resep ini adalah tulang kambing dimasak dengan bumbunya sampai empuk. Berikut penjabaran resep dari warung tengkleng bu jito dlidir

Yang pertama bahan berupa tulang kambing. 250 gr Iga kambing dan 250 gr tulang belakang kambing dan juga sumsumnya, dipotong sesuai selera Anda. Atau bisa pula berupa 500 gr lidah, telinga kambing, maupun kaki kambing dipotong-potong kecil juga. Sehingga bahan tulang kambing cukup 500 gram, jenisnya terserah kemauan Anda.

Yang kedua adalah bumbu yang Dihaluskan. Siapkan 12 siung Bawang merah dan 6 siung Bawang putih. Untuk kunirnya cukup 6 cm Kunyit. Sedangkan kemiri bisa 6 butir Kemiri yang sudah disangrai. Sbagai bumbu yang dihaluskan terakhir adalah 1 butir Pala.

Sediakan pula bumbu yang Dimemarkan. Ada tiga bumbu yang dimemarkan yakni Jahe, lengkuas dan batang serai. Jumlahnya secukupnya saja, Untuk jahe kira – kira 4cm, Lengkuas juga 4 cm dan batang serai cukup dua.

Bahan lainnya adalah satu liter air matang. Sebagai bahan pernak – pernik bisa berupa daun jeruk, salam, kayu manis, garam dan sedikit minyak goreng. Untuk takarannya 4 lembar Daun jeruk, 2 lembar Daun salam, 3 cm Kayu manis, 6 butir Cengkeh, Garam dan 4 sdm Minyak goreng.

Sekarang Cara membuatnya setelah bahan dan bumbu terkumpul. Didihkan air didalam panci, rebus iga, tulang belakang dan sumsum kambing selama 10 menit atau hingga keluar busa-busa dan kotoran. Buang busa dan kotoran, angkat iga, tulang belakang dan sumsum kambing dari panci dan sisihkan.

Untuk yang kedua kali Didihkan kembali air didalam panci. Lakukan hal yang sama yaitu rebus seperti diatas untuk kepala dan kaki kambing yang sudah dipotong kecil – kecil. Selanjutnya, Panaskan minyak didalam wajan. Tumis bumbu-bumbu yg dimemarkan, kemudian bumbu halus dan bahan lainnya. kecuali air matang , santan dan bahan utama tengkleng kambing , hingga harum.

Setelah itu, Masukkan bahan – bahan tengkleng kambing. Kemudian aduk-aduk hingga terbalut bumbu merata.
Tambahkan air matang kedalamnya, dan biarkan mendidih, kemudian kecilkan api dan masak iga kambing hingga menjadi empuk. Tambahkan garam sesuai imajinasi atau selera Anda. Selesai, Siap disajikan bersama irisan jeruk nipis dan bawang goreng akan lebih nikmat.

Bila didapur kami biasa memasak tulang langsung dengan bumbunya. Untuk lamanya memasak tengkleng solo waktunya biasa sampai terasa empuk daging kambing yang menempel pada tulangnya. Sehingga saat dimakan langsung terlepas antara tulang dan dagingnya( mak sruput bahasa jawanya ).

Demikian sedikit tentang menu idul adha dari kami. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda… Amin.

Situs kami lainnya di : Seragam batik sekolah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.