Kuliner makanan unik, klasik penuh dengan legenda

Kuliner makanan unik, klasik penuh dengan legenda. Menu masakan yang melambangkan perjuangan memperoleh kemerdekaan bangsa Indonesia, terkhusus di tanah solo. Tengkleng solo jawabanya, sebuah masakan yang kaya akan makna. Mungkin para leluhur lebih memahami tentang makna yang terkandung dalam masakan tersebut.

Kuliner makanan

Tengkleng Solo ini dulunya adalah “Soup for the Poor”. Pada jaman dulu, hanya toean dan noni Belanda yang bisa makan gulai daging dengan kuah kental. Sementara kaum kuli dan rakyat jelata hanya bisa melihat mereka makan. Sisa-sisa bagian kambing selain daging, yaitu tulang-belulang kepala dan kaki kambing, dibuang oleh para orang kaya. Dan para kuli mengambil sisa-sisa tulang tersebut lalu merebusnya dengan kuah encer yang minimalis.

Walaupun minimalis, bisa menghasilkan citarasa dan aroma yang maksimal. Sebuah pencapaian intelektual tentang rasa warga surakarta. Menggambarkan kondisi, bahan dan kepandaian yang tertuang dalam masakan.

Kuliner makanan tengkleng khas solo

Kuliner makanan tengkleng khas kota solo. Tengkleng solo Bu Jito Dlidir menyuguhkan masakan penggugah selera. Harganya Rp 20.000 untuk setiap satu porsi. Berlokasi di Jalan Kolonel sugiyono 67 solo, menjadikannya tempat makan yang strategis.

Tengkleng solo Bu Jito Dlidir merupakan masakan nusantara khas solo, yang dibuat oleh masyarakat asli penduduk surakarta dengan bahan-bahan bumbu minimalis tapi menghasilkan citarasa yang maksimal. Sebuah masakan yang kaya akan makna tradisi kearifan lokal. Rasa kuah tengkleng kambing gurih-asam-manis-asin yang berasal dari campuran belasan bumbu seperti lengkuas, serai, kemiri, kunyit, bawang merah, bawang putih, daun salam, ketumbar, lengkuas, dan sebagainya.

Bumbu-bumbu tersebut direbus hingga berjam-jam bersama tulang belulang kambing, termasuk bagian tengkoraknya. Tidak heran bila bumbunya meresap hingga ke tulang. Daging yang masih menempel itu pun lebih empuk ketimbang daging kambing yang dimasak sate atau gule. Sehingga saat disajikan barcampur nuansa empuk dan bumbu rempah – rempah yang klasik.

Untuk lokasi kami beralamatkan di Jalan kolonel sugiyono 67 , solo. Sedangkan kampungnya terletak di Sumber nayu Rt 03 Rw 12, kelurahan kadipiro, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta. Berikut peta kalau dilihat dari satelit :

informasi atau pemesanan bisa phone : 0271 855 267 warung tengkleng solo bu jito dlidir.

Tentang situs kami lainnya bisa lihat di layanan aqiqah, tengkleng solo, perlengkapan umroh dan kain batik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.