Klangenan ada di Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat

Klangenan jika dalam bahasa Jawa berarti sesuatu yang menjadi kesenangan atau bisa juga hobi. Klangenan itu bisa berupa kesenangan terhadap benda mati misalkan kendaraan, benda kuno atau benda-benda mati lainnya. Tetapi bisa juga bentuk kesenangan terhadap benda hidup, misalkan hewan peliharaan bisa berupa burung, kucing, ular atau hewan lainnya. Tetapi, ternyata di Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat terdapat sebuah Kecamatan yang bernama Klangenan.

Klangenan

Di kecamatan ini terdapat sembilan desa, diantaranya Desa Bangodua, Danawinangun, Jemaras Kidul, Jemaras Lor, Klangenan, Kreyo, Perkantingan, Slangit dan Desa Serang.

Asal muasal Klangenan

Mengenai asal muasal nama Klangenan tersebut yang menyebut jika pemberian nama ini berkaitan dengan Kerajaan Mataram. Kala itu dua putra dari raja Mataram yakni Raden Parta Kesumaatmaja dan Raden Kesumaatmaja diberikan tugas untuk menuntut ilmu agama Islam ke Syarif Hidayatullah yang tidak lain adalah Sunan Gunung Jati yang ada di Cirebon.

Kemudian ada tantangan perang dari Rajagaluh yang tidak senang dengan pesatnya perkembangan agama Islam saat itu. Dengan dibantu oleh para sesepuh, akhirnya Raden Parta Kesumaatmaja berhasil mengalahkan pasukan dari Rajagaluh. Setelah perang usai, Raden Kesumaatmaja diberikan izin untuk mendirikan sebuah dukuh yang ada di tengah hutan. Dukuh itu pun diberi nama Wanagiri. Yang berarti hutan yang ada di pegunungan. Hingga suatu saat, Raden Kesumaatmaja yang diberikan julukan Buyut Nampabaya melakukan pertemuan dengan warganya.

Pertemuan itu diadakan di bawah sebuah pohon besar. Dari tempat itu, Buyut bisa menikmati suasana yang nyaman dengan pemandangan gunung Ciremai yang terlihat kebiruan. Buyut sangat senang berada di situ akhirnya, tempat itu dijadikan sebagai tempat pertemuan dengan warganya dan diberikan nama sebagai Klangenan (kesukaan). Dan sampai saat ini dikenal dengan nama DesaKlangenan, dan Kecamatan Klangenan. Jika anda berkunjung ke tempat ini, banyak menawarkan aneka kuliner, mulai nasi jamblang hingga mi koclok tersedia di sini.

Untuk mi jamblang anda bisa datang ke warung makan bu Nur yang ada di Tentara Pelajar, Cirebon.

Tentang situs kami lainnya bisa lihat di layanan aqiqah semarang, perlengkapan umroh dan jual batik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.