Surakarta Kota destinasi yang layak anda kunjungi

Surakarta Kota menghadirkan banyak sekali destinasi yang layak untuk anda kunjungi. Mulai dari kawasan kuno atau peninggalan zaman kerajaan Surakarta atau yang disebut dengan Keraton Kasunanan Surakarta, pusat kuliner, pusat tekstil hingga tempat wisata menarik lainnya yang tentunya sudah menjadi ciri khas di Surakarta.

Salah satu tempat wisata yang sekaligus menjadi pusat batik di Surakarta adalah Kampoeng Batik Laweyan. Destinasi wisata yang ada di Jl. Dr. Radjiman No.521, Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57148, Telepon: 0821-3560-9334 selain menghadirkan wisata sejarah juga menjadi pusat kerajinan batik yang cukup terkenal. Saat mengunjungi kampung yang berada di Kecamatan Laweyan ini anda akan dibawa bernostalgia ke masa lalu. Di sini masih banyak bangunan lawas yang kondisinya masih asli.

Surakarta Kota destinasi yang layak anda kunjungi

Selain melihat bangunan kuno, anda juga akan dimanjakan dengan beragam kerajinan batiknya. Mulai dari batik tulis, batik cap dan batik printing semuanya tersedia. Sejumlah nama produsen batik bahkan sudah menjadi langganan para wisatawan. Setidaknya ada lebih dari 50 gerai batik yang menawarkan batiknya. Anda bisa memilih motif batik yang ditawarkan oleh gerai-gerai tersebut. Tidak hanya itu, bahkan anda juga bisa mendesain sendiri motif batik yang inginkannya.

Surakarta Kota destinasi tempo dulu

Selain di Kampoen Batik Laweyan, saat berada di Surakarta Kota anda juga dapat berkunjung ke Museum Radya Pustaka. Museum yang berada di Jl. Brigjen Slamet Riyadi, Sriwedari, Laweyan, ini memiliki koleksi yang sangat banyak. Mulai dari naskah kuno, sejumlah arca dan banyak sekali benda purbakala. Museum ini juga mernjadi museum tertua yang ada di Indonesia. Saat menyusuri jalanan Slamet Riyadi anda juga bisa mengunjungi peninggalan dari sejarah kerajaan Mataram yakni Keraton Kasunanan Surakarta yang ada di Pasar Kliwon.

Di keraton, anda dapat melihat langsung saksi bisu sejarah berdirinya Kota Surakarta. Saat ini keraton masih di bawah kepemimpinan Raja PB XIII Hangabehi. Yang menarik lagi, keraton ini berada di kawasan pusat tekstil terbesar di Jawa Tengah apalagi kalau bukan Pasar Klewer. Di Pasar yang baru saja rampung dibangun ulang ini anda dapat berbelanja segala macam kebutuhan busana.

Batik slimfit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *