Universitas yang ada di Surakarta ada 12 nama

Universitas yang ada di Surakarta lebih kurang ada 12 nama, tiga diantaranya adalah universitas negeri sedangkan sisanya adalah universitas swasta. Tetapi, jika jumlah ini ditambah dengan sekolah tinggi, politeknik dan akademi maka jumlahnya bisa mencapai puluhan atau lebih dari 50 tempat.

Untuk perguruan tinggi atau universitas negeri sendiri terdiri dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, kemudian ada Institut Seni Indonesia (ISI) yang dulu bernama Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI), kemudian ada Perguruan Tinggi Poltekkes Kemenkes Surakarta yang ada di Jalan Letjen Sutoyo, Mojosongo, Jebres. Diantara kampus negeri ini hanya UNS saja yang memiliki berbagai jurusan atau program studi umum. Sedangkan untuk ISI dan Poltekkes Kemenkes Surakarta menjadi perguruan tinggi dengan penjurusan atau program studi khusus.

Kalau ISI seperti kita tahu fokus pada pendidikan seni yang ada. Mulai dari seni tari, lukis, seni gamelan, pewayangan dan kesenian lainnya. Sedangkan untuk Poltekkes Kemenkes Surakarta sendiri fokus pada bidang atau jurusan kebidanan dan keperawatan. Tetapi, saat ini ada beberapa jurusan yang juga diajarkan di kampus tersebut, seperti jurusan jamu, Fisioterapi, Okupasi Terapi, Ortotik Prostetik, Terapi Wicara dan jurusan Akupunktur.

Tentang situs kami lainnya bisa lihat di layanan aqiqah solo, aqiqah jogja, aqiqah semarang, perlengkapan haji dan seragam batik.

Universitas yang ada di Surakarta swasta

Selain perguruan tinggi negeri tersebut, ada sejumlah perguruan tinggi swasta yang ada di Kota Surakarta dan sekitarnya. Semisal Universitas Muhammadiyah Surakarta atau yang dikenal dengan UMS. Meskipun namanya menggunakan Kota Surakarta, tetapi sejatinya universitas ini berada di Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo. Tetapi, banyak orang terlanjur mengira kampus ini masih berada di Surakarta karena menggunakan nama Surakarta.

Universitas yang ada di Surakarta

Lalu ada Universitas lainnya yakni Universitas Islam Batik (Uniba). Kampus yang terletak di Jalan KH Agus Salim ini menjadi salah satu kampus yang banyak diminati oleh para pelajar untuk melanjutkan jenjang studinya. Ada juga Universitas Slamet Riyadi atau dikenal dengan nama Unisri. Kampus ini berada di Jalan Sumpah Pemuda atau sebelah timur simpang Palang Joglo. Lalu ada Universitas Surakarta. Sama halnya dengan UMS, kampus ini juga tidak berada di Kota Surakarta melainkan di Palur, Kabupaten Karanganyar, tepatnya berada di sisi timur Sungai Bengawan Solo. Selain yang kami sebutkan tersebut, masih ada beberapa kampus lain yang bisa anda jadikan sebagai referensi untuk melanjutkan pendidikan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *