Muhammadiyah organisasi Islam besar di Indonesia

Muhammadiyah merupakan organisasi Islam yang cukup besar di Indonesia. Organisasi ini didirikan oleh K.H. Ahmad Dahlan pada 18 November 1912 atau 8 Dzulhijjah 1330 H. Organisasi Muhammadiyah didirikan di kampung halaman K.H. Ahmad Dahlan yakni di Kampung Kauman Yogyakarta. Nama Muhammadiyah sendiri mengambil nama dari Nabi terakhir yakni Nabi Muhammad SAW. Dengan begitu para anggota dari organisasi ini dikenal sebagai orang-orang pengikut Nabi Muhammad SAW. Awal berdirinya organisasi ini bertujuan untuk memurnikan ajaran Islam di berbagai daerah di Indonesia. Karena, masih banyak ajaran yang bercampur dengan kebiasaan di daerah dan juga mistik.

Perkembangan Muhammadiyah

Organiasasi ini dipimpin oleh Kyai Ahmad Dahlan atau dikenal dengan Kyai Dahlan mulai dari 1912 sampai dengan 1923. Waktu itu pengaruh dari organisasi ini tidaklah besar, hanya di daerah perbatasan karesidenan saja. Seperti karesidenan Yogyakarta, Surakarta, Pekalongan dan sekitarnya. Baru pada 1925 organiasi ini mulai melebarkan sayapnya ke sejumlah daerah salah satunya di Sumatera Barat.

Di sana organisasi ini dibawa oleh Abdul Alim Amrullah dengan mendirikan cabang di Sungai Batang, Agam. Baru setelah itu, organisasi ini terus mengalami perkembangan yang cukup pesat hingga akhirnya meluas ke sejumlah daerah seperti seluruh Sumatera, Sulawesi, dan juga Kalimantan. Hingga, pada tahun 1938 organisasi ini bisa meyebar ke seluruh wilayah yang ada di Indonesia.

Sebagai organisasi, Muhammadiyyah juga memiliki pimpinan pusat yang berada di Yogyakarta yakni pada tahun 1970 yang kemudian pindah ke ibukota. Selain itu juga ada pimpinan wilayah , pimpinan daerah, cabang, ranting, dan cabang istimewa untuk luar negeri. Pesatnya perkembangan organisasi ini melahirkan sejumlah organisasi otonom di antaranya, Pemuda Muhammadiyah, ‘Aisiyah, Nasyiatul Aisiyah, Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM), Ikatan Mahasiswa Muhamadiyah (IMM), Hizbul Wathan (Gerakan Kepramukaan), dan juga Tapak Suci Putera Muhammadiyah.

Tidak hanya itu, organisasi ini juga memiliki amal usaha yang bergerak di bidang pendidikan. Mulai dari tingkat TK, SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi. Kemudian ada juga rumah sakit, apotek, panti asuhan dan bidang sosial lainnya.

Muhammadiyah

Tentang situs kami lainnya bisa lihat di layanan aqiqah, daging kambing, perlengkapan umroh dan Grosir seragam batik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *