Masakan kambing spesial khas solo

Masakan kambing spesial khas solo di warung bu jito dlidir. Berlokasi di jalan kolonel sugiyono 67 solo. Pada kesempatan yang berbahagia kali ini, kami akan mengetengahkan masakan kambing khususnya tongseng. resep masakan alternatif olahan daging kambing selain di masak jadi gulai kambing atau sate kambing. Olahan daging kambing biasanya seringkali dijadikan sajian istimewa pada hari raya idul adha oleh umat muslim.

Hari Raya Idul Adha 2015 sudah lewat. Pada hari tersebut banyak kambing yang disembelih sebagai hewan kurban untuk kemudian dagingnya dibagi-bagikan. Buat teman-teman yang kebagian daging kambing lebih banyak, pasti di kulkas anda daging hewan kurban ini masih berlimpah untuk dimasak dikemudian hari. Bingung mau dimasak apa? Sate kambing sudah, gulai kambing juga sudah. Bosan dengan menu yang itu-itu saja, coba deh Tongseng Kambing yang pastinya akan menjadi hidangan special untuk keluarga anda.

Masakan kambing spesial khas solo
Masakan kambing spesial khas solo – tongseng –

Sebelum memasaknya perhatikan tips berikut ini agar daging kambing tidak bau khas kambing dan empuk :

Sebaiknya daging kambing tidak usah dicuci bersih dahulu sebelum dimasak. Karena proses ini akan membuat tekstur daging jadi lebih alot dan bau amisnya semakin tajam. Selain itu, daging plus air sangat tidak dianjurkan. Beda dengan pembekuan atau frozen.

Untuk membersihkannya anda bisa langsung merebus daging kambing setengah matang saja, kemudian buang air rebusan kambing, setelah itu olah daging sesuai selera.

Untuk membuat daging kambing lebih empuk, anda bisa mencelupkan atau merendam daging kambing ke dalam parutan air nanas muda, cukup 4 – 5 menit saja karena terlalu lama proses pengempukan akan membuat daging kambing hancur ketika dimasak.
Teman-teman yang ingin mencoba Resep Tongseng Kambing Empuk dirumah, ikuti resep dibawah ini beserta cara membuatnya :

Masakan kambing berupa Tongseng Empuk Santapan Lezat

Bahan-bahan masakan kambing tongseng :
– 500 gram daging kambing, iris agak tipis
– 3 lembar daun kol, potong kasar
– 6 sdm kecap manis
– 2 buah tomat, buang isinya, potong kasar
– 3 buah cabe merah, iris tipis
– Cabe rawit, sesuai selera
– 1 siung bawang putih, iris tipis
– 2 butir bawang putih, iris tipis
– 2 ruas jari telunjuk lengkuas, memarkan
– 2 ruas jari telunjuk jahe, memarkan
– 2 lembar daun jeruk purut
– 1 liter air
– Minyak goreng untuk menumis, secukupnya

Bumbu yang dihaluskan :
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
½ sdt merica bubuk
1 cm kunyit
Air jeruk nipis, secukupnya
Garam dan gula, secukupnya

Cara membuat masakan kambing tongseng:

– Siapkan wajan dan panaskan minyak, tumis bumbu halus, lalu masukkan lengkuas, jahe, dan jeruk purut, aduk sampai harum.
– Kemudian masukkan daging kambing, aduk lagi sampai daging berubah warna. Tambahkan air tunggu sampai daging empuk.
– Selanjutnya dengan menggunakan wajan lain, tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum, lalu masukkan daun kol, tomat, dan cabe rawit, aduk sampai sayuran agak layu, lalu tambahkan kecap, aduk sebentar. Angkat lalu masukkan kedalam wajan yang berisi daging kambing.

Masak dan tunggulah sehingga mendidih beberapa saat. coba anda aduk, setelah tercampur rata, angkat dan sajikan.
Sangat disarankan disajikan selagi panas atau hangat dengan nasi putih hangat. Tongseng kambing empuk siap memuaskan lidah kita. Selamat mencoba ya…

Tongseng dlidir juga spesial, Anda bisa mencicipi di Jalan kolonel sugiyono solo. Mampir saat melintasi kota solo, he2. Salam senyum…

Situs kami lainnya di : Seragam batik sekolah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *