Cara memasak tengkleng spesial dan unik

Cara memasak tengkleng kambing spesial dan unik. Kami, warung tengkleng bu jito dlidir di kota solo akan sedikit berbagi tentang cara membuatnya yang klassik. Tengkleng Kambing adalah makanan sejenis sup asal kota Solo, mirip dengan gulai namun kuahnya lebih encer atau bening. Rasanya ringan Kalau orang jawa bilang ‘marem’. karena diolah dengan bumbu yang mini menghasilkan rasa yang maksi.

Cara memasak tengkleng spesial dan unik
tengkleng solo

Bahan utama pembuat Cara memasak tengkleng adalah daging kambing, jerohan dan juga tulang kambing ( iga, sumsum, tulang belakang, kaki dan kepala ) yang masih ada daging nya. Menu yang sangat nikmat ini cocok untuk makan siang dan makan malah, dan lebih nikmat lagi disantap panas atau hangat. Apalagi dengan nuansa kebersamaan orang – orang tercinta.

Pada saat Idul Adha kadang banyak yang bingung mau diolah menjadi masakan apa daging korban yang didapat. Dan kebanyakan mengolah daging tersebut menjadi sate atau gulai yang kesannya sudah sangat biasa. Nah membuat tengkleng kambing bisa menjadi alternatif lain untuk mengolah daging kambing menjadi berbeda dari biasanya.

Cara memasak tengkleng kambing sangat mudah, bumbu-bumbu yang kaya rempah juga sangat mudah didapatkan. Nah untuk anda yang tertarik untuk membuat menu masakan yang satu ini silahkan anda simak resep berikut Cara Membuat Tengkleng Kambing Special. Semoga resep yang kami berikan dapat membantu anda untuk terus berkreasi dengan menu-menu spesial.

Bahan- bahan untuk Cara memasak tengkleng dlidir:

– 300 gram daging kambing (dipotong-potong)
– 500 gram tulang iga berdaging (dipotong-potong)
– 500 gram tulang sumsum (dipotong-potong)
– 2 buah otak kambing
– 4 potong kaki kambing (dipotong-potong)
– 10 gelas air
– 6 gelas santan (dari parutan 1 butir kelapa)
– 4 cm jahe bakar, lalu dimemarkan
– 3 lembar daun salam
– 12 butir cengkih
– 3 batang serai ikat, dimemarkan\
– 5 lembar daun jeruk purut
– 15 lembar daun koro keling
– 5 sendok makan minyak goreng
– 8 batang tusuk sate
– Garam secukupnya
– Daun pisang secukupnya

Bumbu-bumbu yang dihaluskan :
– 8 siung bawang merah
– 6 siung bawang putih
– 7 butir kemiri
– 3 cm kunyit bakar
– ½ sendok teh gula pasir

Bahan-bahan pelengkap untuk penyajian (Sambal Kukus + Acar Timun) :

Membuat Sambal Kukus :
15 buah cabe rawit merah
3 siung bawang putih
Garam secukupnya
Kukus semua bahan lalu haluskan.
Cara Membuat Acar Timun :
2 buah ketimun, buanglah bijinya, lalu potong-potong
12 buah cabe rawit merah
Garam, gula, cuka secukupnya
(semua bahan dicampur).
Tengkleng Kambing Special

Cara memasak tengkleng Kambing :
Cuci otak dengan air dingin, lalu dikukus selama 10 menit dalam dandang yang sudah dialasi lalu perciki dengan larutan garam.
Tusuk daging yang telah dipotong-potong dengantusuk sate yang telah disiapkan.
Masak 10 gelas air dengan garam hingga mendidih, lalu masukkan tulang iga, tulang sumsum, kaki kambing serta daging yang telah ditusuk hingga ½ matang.
Panaskan minyak, tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga mengeluarkan aroma harum, kemudian masukkan kedalam panci rebusan, rebus daging hingga empuk. Tambahan air jika daging belum empuk setelah air tinggal sedikit.
Siapkan daun pisang, taruh sepotong otak di atasnya lalu tuangi dengan 3 sendok makan kuah diatasnya. Masukan bungkusan otak ke dalam panci rebusan kuah, sambil dimasak terus hingga kuah berminyak. Angkat dan hidangkan dalam kuali.
Hidangkan dengan sambal kukus dan acar timun.
Nah selamat mencoba dan berkreasi.

Tawaran kerjasama bisnis kuliner tengkleng beku dan sate buntel setengah matang.

Tengkleng beku adalah tengkleng matang yang dibekukan terpisah dengan kuahnya. Kami menjual tengkleng beku plus bumbunya seharga Rp 20.000 per porsi. Minimal pembelian Rp 1.000.000 untuk 50 porsi. Sangat cocok untuk bisnis kuliner di daerah Anda. Atau bisa juga untuk hotel – hotel yang menyajikan masakan khas nusantara.

Sate buntel presiden merupakan daging kambing yang dicincang bersama uratnya. Sensasinya pun unik, tekstur daging yang lembut dan gurih bercampur dengan sedikit uratnya. Seperti masakan hidangan presiden, begitulah kami menamainya. Anda bisa mencicipinya di warung kami, atau Anda juga bisa membeli setengah matang kemudian dijual lagi. Harga Rp 7.000/tusuk bukanlah harga yang mahal. Terbilang murah, karena mengingat harga daging di Indonesia. Dan kami sangat faham tentang perkambingan, karena sudah hampir setengah abad berkecimpung dibisnis ini.

Untuk Info Atau pemesanan Hubungi :

0822 6565 2222 Pak Mudzakir

Warung tengkleng Bu Jito Dlidir Berlokasi di Jalan Kolonel sugiyono 67 solo, menjadikannya tempat makan yang strategis.
Service ac solo.

Situs kami lainnya di : Seragam batik sekolah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *