Cara masak tengkleng solo dlidir

Cara masak tengkleng solo dlidir Amatlah mudah. Berikut kami bertukar informasi cara masak tengkleng, sehingga Anda dirumah bisa mencobanya dan berkreasi. Karena masakan sangat erat hubungannya dengan seni berkreasi. Atau bisa langsung datang ke warung tengkleng solo kami di jalan kolonel sugiyono 67 solo.

Resep Tengkleng Kambing Sederhana Khas Solo Spesial Asli Enak. Memasak gule tengkleng bisa pakai santan dan juga bisa tanpa santan juga, tidak aneh kalau ada resep tengkleng kambing tanpa santan. Tengkleng kambing memang terkenal asli enak kuliner khas solo warung dlidir Surakarta, kemudian meluas juga sampai ke Jogja (yogyakarta).

Selain daging kambing bisa juga menggunakan daging sapi, tak heran ada resep tengkleng sapi. Sebenarnya masakan ini hampir mirip dengan gulai kambing cuma beda namanya dan cara memasaknya saja. Perhatikan gambar dibawah ini. Untuk tengkleng memiliki kuah yang sedikit encer atau bening. Kalau bisa di istilahkan, lebih ringan bumbumnya.

Cara masak tengkleng solo dlidir
tengkleng solo dlidir

Ciri khas tengkleng ini adalah menggunakan bagian daging tulang iga, walaupun ada juga campur jeroan, seperti usus kambing, lidah, telinga, dll. Tapi bagi yang tidak suka jeroan atau karena alasan kesehatan ga boleh makan jeroan, silahkan tidak usah dipakai saja, cukup gunakan iga kambing sederhana atau iga sapi aja. Baiklah berikut resep tengkleng spesial paling enak yang dimaksud.

RESEP TENGKLENG KAMBING

BAHAN :
1. 500 gr Iga kambing , di potong-potong sesuai selera
2. 500 gr usus kambing, jeroan, lidah, telinga kambing, dipotong-potong kecil.

BUMBU DIHALUSKAN :
– 12 siung Bawang merah
– 6 siung Bawang putih
– 6 cm Kunyit
– 6 butir Kemiri sangrai
– 1 butir Pala

BUMBU DIMEMARKAN :
4 cm Jahe
4 cm Lengkuas
2 batang Serai

BAHAN LAINNYA :
4 lembar Daun jeruk
2 lembar Daun salam
3 cm Kayu manis
6 butir Cengkeh
1 liter Air matang
Garam, secukupnya
Kecap manis,secukupnya
4 sdm Minyak goreng
Baca Juga Artikel Menarik : Resep Sop Kambing

Cara masak tengkleng KHAS SOLO ISTIMEWA :

Didihkan air didalam panci, rebus iga kambing selama 3 menit atau hingga keluar busa-busa dan kotoran.
Buang busa dan kotoran, angkat iga kambing dari panci dan sisihkan.
Didihkan kembali air didalam panci, lakukan hal yang sama seperti diatas untuk usus, jeroan, telinga, lidah kambing.
Panaskan minyak didalam wajan, tumis bumbu-bumbu yang dimemarkan, kemudian bumbu halus dan bahan lainnya kecuali air matang , santan dan iga kambing , hingga harum.
Masukkan iga kambing, kemudian aduk-aduk hingga terbalut bumbu merata.
Tambahkan air matang kedalamnya, dan biarkan mendidih, kemudian kecilkan api dan masak iga kambing hingga menjadi empuk.
Tambahkan garam dan kecap manis.
Siap disajikan bersama irisan jeruk nipis dan bawang goreng renyah.

Cara masak tengkleng dlidir

Cara masak tengkleng dlidir hampir sama diatas. Bedanya yang kentara adalah proses pelunakkan daging kambing yang menempel. Biasanya kami menggunakan alat masak presto, sehingga daging dan bumbu benar – benar menyatu.

Kami menawarkan kerjasama dalam bisnis kuliner dengan cara menjual kepada Anda tengkleng beku dan sate buntel setengah matang. tengkleng kambing asli solo beku kami banderol Rp 1000.000 untuk 50 porsi. Selain menu tersebut kami juga menjual sate buntel setengah matang. Sate buntel setengah matang kami banderol dengan harga Rp 7.000/tusuk.

Untuk informasi atau pemesanan tengkleng beku dan sate buntel setengah matang bhubungi :

0822 6565 2222 Pak Mudzakir

Situs kami lainnya di : Seragam batik sekolah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *